Rabu, 02 November 2016

APLIKASI KOMPUTER DALAM ADMINISTRASI KEUANGAN

APLIKASI KOMPUTER DALAM ADMINISTRASI KEUANGAN
1.        Inesoft Cash Organizer
Menyimpan semua informasi finansial dengan menggunakan enkripsi canggih yang dilengkapi dengan backup terjadwal. Selain itu, terdapat juga konverter mata uang serta jadwal pembayaran yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengaturan menyeluruh secara praktis terhadap kondisi keuangan.

2.        Intuit Quicken (Paid)
Aplikasi Quicken dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan fitur-fitur handal yang dapat digunakan untuk pengaturan tagihan, perhitungan anggaran, dan pengelolaan hak investasi. Aplikasi Quicken ini dapat berjalan pada platform Windows dan Mac.

3.        GnuCash (Free)
Aplikasi ini dapat digunakan untuk pengelolaan keuangan pribadi, dan bisnis dalam skala kecil. GnuCash dirancang dengan memegang pakem akuntansi yang benar dan akurat walaupun terlihat sangat sederhana. Salah satu fitur unggulan GnuCash adalah akuntasi double-entry yang dapat Anda gunakan untuk mendukung file Quicken (Uif / QFX) impor / ekspor dll. Aplikasi ini dapat dijalankan pada platform Windows, mac, Linux.

4.        Grisbi : Easy Personal Finance Manager
Aplikasi ini dapat melakukan rekonsiliasi, penjadwalan transaksi , pengaturan sistem anggaran dan perhitungan income-outcome dengan sangat rinci. Grisbi dapat dijalankan pada beragam platform seperti Windows, Linux dan Mac.

5.        Express Invoice
Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat faktur dan mengelola tagihan pada bisnis dan usaha kecil menengah. Express Invoice dilengkapi dengan antarmuka yang dinamis, intuitif dan tata letak yang sederhana namun tetap profesional. Selain itu, Express Invoice ini juga berfungsi untuk memberikan label dan petunjuk pada setiap transaksi yang telah dilakukan. Setiap transaksi disimpan dalam sebuah database yang telah dibagi ke dalam beberapa bagian seperti database untuk pelanggan, informasi tagihan, barang di gudang, penjualan barang, laporan bulanan dll.

6.        MYOB
Software buatan luar negeri yang juga digunakan di Indonesia ini memiliki beberapa kekurangan; tidak bisa dimodifikasi sehingga terkesan kaku dan kurang fleksibel, tidak dilengkapi dengan aturan perpajakan Indonesia sehingga harus melakukannya di luar software bila memang dibutuhkan. Kelebihan yang dimiliki software ini adalah mudah digunakan, tidak perlu pengetahuan akuntansi dan IT tingkat tinggi, pengelompokan data, serta murah.





7.        Omega Accounting
Software ini mudah dan ringan serta mendukung segala keperluan wirausaha anda seperti penjualan, distribusi, pembelian, membuat manajemen serta produksi. Keunggulan lainnya adalah software ini didukung teknologi enkripsi lintas nusa yang dapat menghubungkan data akutansi dari berbagai wilayah nusantara.

8.        Microsoft office accounting express (MOAE)

Keunggulan dari software ini adalah laporan bisa dikerjakan oleh siapapun tanpa pengetahuan akuntansi yang mendalam. Cukup dengan memasukkan fraktur, cek, atau nota saja sudah dapat keluar laporan sendiri. Selain itu, MOAE juga menyediakan fasilitas untuk data klien. Namun, software ini tidak menyediakan layanan perpajakan yang ada di Indonesia sehingga pengguna terkadang merasa kesulitan.

 

9.        Accurate Accounting

Software yang satu ini cocok untuk pemilik UKM karena sangat mudah dan praktis. Standar akutansinya juga bersifat lokal seperti yang ada di Indonesia sehingga mudah dalam mengerjakan. Nilai transaksinya sangat luas hingga 920 trilliun. Namun harga Accurate Accounting tergolong mahal dibandingkan dengan software yang lainnya.


10.    BEE ACCOUNTING
Bee Accounting adalah Software Accounting buatan Indonesia yang untuk membantu proses pembukuan akuntansi sesuai sistem akuntansi yang berlaku di Indonesia. Ada 5 versi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan perusahaan. Masing-masing versi dibedakan berdasarkan kelengkapan modul dan fiturnya, ada yang untuk perusahaan dagang, ada untuk kontraktor, untuk perusahaan manufaktur, maupun versi yang lebih simple berupa program kasir, software penjualan / program penjualan untuk toko dan minimarket.

11.    Oracle
Oracle Corporation (NASDAQ : ORCL) merupakan salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen basis data (database management system), perangkat lunak untuk mengembangkan basis data, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan,enterprise resource planning dan perangkat lunak manajemen rantai pasok.

12.    Krishand
Software Krishand merupakan software database yang membantu perusahaan dalam mempersiapkan formulir-formulir pajak.Program laporan keuangan dengan kelebihan di antaranya: Menggunakan sistem multiuser (LAN), pembuatan nomor perkiraan yang luwes, fasilitas pengecekan jurnal yang tidak balance, laporan dapat dibuat sewaktu-waktu tanpa harus memposting.
Dapat membuat laporan-laporan: Data Jurnal Transaksi, Buku Besar, Neraca Lajur Standar, Neraca Keuangan, Perhitungan Laba-Rugi, Perubahan Modal, Ratio Keuangan, dan Laporan Keuangan Neraca dan Perhitungan Laba Rugi bisa komparatif bebas dengan periode sebelumnya.

13.    MYOB Accounting 17
MYOB (Mind Your Own Business)  Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software) yang proses pengolahan data transaksi akuntansinya dilakukan dengan cara mengentri data transaksi  melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan.

14.    K-System Indonesia
K-System merupakan program terpadu operasional dan akuntansi yang telah di-design khusus untuk kondisi Indonesia. Data cukup diisi 1 kali dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan yang dibutuhkan dapat tersedia setiap saat. K-System berjalan di Linux & Windows.

15.    Sage Accpact ERP
Sage Accpac ERP merupakan sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Sage Accpact ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end yang terintegrasi penuh. Sage Accpact ERP memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.

16.    MYOB Accounting Plus 13
MYOB (Manage Your Own Business) merupakan software akuntansi buatan Australia. Software ini banyak sekali digunakan di Indonesia, bahkan telah menjadi materi wajib bagi siswa SMK atau mahasiswa perguruan tinggi Akuntansi, lembaga kursus khususnya untuk materi komputer Akuntansi.

17.    Zahir Accounting
Zahir Accounting adalah  perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan development software akuntansi. Software produk ini ditujukan untuk para pebisnis / pedagang yang ingin mengolah usahanya secara rapi dan teratur dalam hasil administrasinya, sehingga dapat mengontrol segala aktivitas yang terjadi pada usahanya. Dilengkapi dengan proses transaksi yang sangat komplit meliputi proses management, stock barang, administrasi gudang, proses barang, proses penjualan dan sampai dengan penyajian laporan keuangan, sehingga sangat cocok untuk usaha anda yang mudah digunakan, berkualitas dan berdaya guna tinggi, dirancang tepat dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia.




18.    Krishand General Ledger Versi 4.0
Fitur-fitur standar Krishand GL :
a.         Berbasis Windows.
b.         Multi user, sederhana, dan mudah digunakan.
c.         Multi cabang, multi currency, multi cost center dan user defined key analysis
d.        Dapat digunakan oleh semua jenis usaha.
e.         No. Perkiraan dapat disetup sendiri oleh user dengan maksimum 12 karakter.
f.          Dapat menginput jurnal untuk periode yang akan datang tanpa harus menutup periode yang sedang berjalan.
g.         Bisa mencatat nilai mata uang asing dan pembuatan jurnal selisih kurs secara otomatis
h.         Proses posting dan unposting dapat dilakukan setiap saat. Proses unposting dilakukan jika ingin koreksi jurnal periode yang telah ditutup.
i.           Buku Besar dan Neraca Saldo dapat dilihat setiap saat tanpa perlu proses posting.
j.           Nilai debet/kredit mencapai 99.999.999.999.999.
k.         Dapat mengedit transaksi jurnal tahun sebelumnya dan fasilitas pindah saldo.
l.           Penomoran bukti jurnal secara otomatis dan fungsi penyusunan ulang nomor bukti jurnal.
m.       Format tampilan laporan keuangan dapat disetup sendiri oleh user sehingga Anda dapat menghasilkan laporan keuangan yang tampilannya berbeda untuk beberapa pihak yang berbeda kepentingan.
n.         Custom report formatting untuk berbagai macam laporan anlisa sesuai dengan kebutuhan Anda.
o.         Laporan dapat diekspor ke Microsoft Excel.

19.    Quick Book 5.0 Enterprise Edition
·           Kelebihan :
a.         Software buatan Amerika ini telah mendukung multi user dan multi currency.
b.        Tampilan yang menarik dengan dukungan fitur yang lengkap disertai tutorial dalam bentuk pdf dan video.
c.         Format laporan sangat lengkap disertai grafik dan hasil analisa.
d.        Fungsi Reminder, Multi departemen, Multi gudang, payroll, multi cabang dengan fasilitas sinkronisasi yang sangat powerfull.
e.         Sangat powerfull jika diintegrasikan dengan QB Point of sale, QB Aset Manager.
f.         Laporan dan form bisa di ekspor Microsoft Office dan PDF
g.        Form dan Laporan bisa di customize sesuai kebutuhan.
h.        Digit angka yang banyak, sehingga bisa di aplikasikan pada perusahaan besar.
·           Kekurangan :
Untuk keperluan Analisa bisnis, keuangan, dan Akuntansi, nyaris tidak ada kekurangan dalam QB ini. ( mungkin karena aku belum mengeksplorasi seluruh bagian QB ini). Kalaupun ada, mungkin hanya dari sisi keterbatasan bahasa, karena tutorial belum banyak yang membuatnya dalam bahasa Indonesia.



20.    Accurate 3.3.0
Accurate 3.3.0 ini sudah dalam bahasa Indonesia, yang merupakan software adaptasi dari Accurate International. Tampilan yang sederhana (mirip MYOB) namun elegan dengan banyak pilihan skin, sehingga terkesan modern.
·           Kelebihan :
a.         Kelebihan utamanya hanya pada pilihan Bahasa Indonesia, sehingga bisa familiar dan mudah dipelajari. langsung digunakan.
b.        Kemampuan modifikasi form dan laporan
c.         Sudah mendukung aplikasi perpajakan di Indonesia.
d.        Multi user, Multi Departemen, Multi Gudang, Multi Proyek, dan Multi Currency.
e.         Pilihan Skin banyak.
f.         Export laporan ke format Microsoft Excel, Notepad, HTML dan PDF
g.        Fitur Reminder dan Surat Menyurat telah di dukung
·           Kelemahan:
Untuk Harga sangat mahal:

21.    Quickbooks Online

Software ini juga bisa melacak billing dan juga payment. Selain itu, tersedia tools tambahan dengan fitur menarik untuk para pengguna Iphone dan juga Android. Software ini juga mudah untuk digunakan, sehingga anda tidak perlu kesulitan lagi saat membuat pembukuan keuangan.


22.    Freshbook

Software yang satu ini bisa dibilang merupakan software keuangan terbaik saat ini. Walaupun harganya terbilang lumayan mahal yaitu $70, namun fitur yang disediakan sangat komplit dan mudah untuk digunakan. Selain itu, software ini juga bisa menerima pembayaran online yang dapat memudahkan anda. Jika anda ingin memiliki software keuangan dengan kualitas terbaik maka Freshbook bisa menjadi pilihan anda.


23.    Unkle Bill

Software ini terdapat berbagai macam petunjuk penggunaannya dilengkapi dengan fitur yang mudah untuk dioperasikan. Software keuangan untuk perusahaan ataupun personal memang sangat dibutuhkan demi kelancaran dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan usaha.


24.    ACCURATE V3 Standard
Software akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi Standard, kami memberikan 2 (dua) license. Artinya, 2 user/client bisa menginput ke dalam 1 (satu) database dalam waktu yang bersamaan. Ada banyak fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar yang terdapat di versi ini adalah:
a.         Pajak masukan di modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
b.         Harga satuan yang termasuk pajak (Inclusive Tax) di semua form yang ada hubungan dengan pajak (PPN).
c.         Template untuk semua form dengan designer yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
d.        Ongkos kirim (Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
e.         Sepuluh buah custom field yang tersedia di semua form yang berhubungan dengan item.
f.          Perhitungan komisi Saleman yang lebih lengkap.
g.         Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.

25.    Payroll
software akuntansi Payroll Versi.1.0 ialah software akuntansi yang berguna untuk pengelolaan data-data karyawan sekaligus mengelola sistem penggajian para karyawan, mencetak pay slip (slip gaji), penghitungan pajak karyawan sampai dengan proses pembuatan laporan pajak semua dilakukan secara otomatis dan sistematis.

26.    EZ TrackMoney
EZ TrackMoney  adalah software untuk mengelola keuangan pribadi dan keluarga.
Dengan software ini anda dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran, hutang, piutang, aset serta investasi. Aplikasi ini juga dapat membuat anggaran keuangan, melakukan perencanaan keuangan, dan juga melihat neraca keuangan keluarga.
Selain itu software ini juga dilengkapi dengan penasihat keuangan serta kalkulator finansial. Penasihat keuangan akan menampilkan kondisi keuangan antara lain total aset, total hutang, total pendapatan, kekayaan bersih, biaya hidup perbulan dll, dan selanjutnya akan memberikan analisa dan saran terhadap rasio keuangan.
Sedangkan kalkulator finansial berisikan kalkulator untuk menghitung dana pendidikan, dana pensiun, nilai uang, nilai investasi, kredit pinjaman dan zakat.

27.    Rylstim Budget
Secara otomatis, aplikasi ini akan menyusun grafis pengeluaran dan pendapatan, serta juga sisa saldo di tangan yang pasti akurat bila kamu rajin melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan dengan sangat detil. Keistimewaan Rylstim Budget ini adalah bisa mereview keuangan  berdasarkan data statistik yang disediakan oleh Rylstim Budget sehingga bisa memperbaiki kebiasaan keuangan.

28.    Money Manager Ex
Aplikasi manajer keuangan pribadi terlengkap yang pernah PG temukan. Aplikasi ini, bisa mendata bukan saja pemasukan dan pengeluaran, akan tetapi juga jumlah uang di rekening bank, aset, saham, lalu dengan memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran, maka akan memperoleh laporan lengkap tentang perkembangan harta. Keistimewaan aplikasi ini adalah secara lengkap, aplikasi ini akan menyajikan daftar harta di layar, sehingga bisa juga memperkirakan perkembangan dan penyusutan harta.

Kesimpulan
Menurut saya, aplikasi yang terbaik digunakan untuk administrasi keuangan adalah :

Accurate Accounting


Software yang satu ini cocok untuk pemilik UKM karena sangat mudah dan praktis. Standar akutansinya juga bersifat lokal seperti yang ada di Indonesia sehingga mudah dalam mengerjakan. Nilai transaksinya sangat luas hingga 920 trilliun.

4 komentar:

  1. banyak ya ternyata ragamnya. tp wajar sih, soalnya software manajemen keuangan udah jadi faktor penting buat kesuksesan bisnis

    BalasHapus
  2. Jasa Arsitek Pasuruan - Jawa Timur by CV. Arsitek Indo Kontraktor, didukung tim ahli arsitektur gambar bangunan yang berpengalaman, banyak klien yang telah mengunakan jasa arsitek dalam pembuatan desain rumah (interior dan eksterior) dan kontruksi pembangunan rumah, gedung, kost, hotel, perumahan dan lainnya.

    BalasHapus
  3. Makasih ka, sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Indonesian fruit that does not exist in Korea

Indonesian fruit that does not exist in Korea Hello guys... This time I will discuss various kinds of fruit that do not exist in Korea. ...